Call us: (022) 6674696 | Fax: (022) 6670015 | Email: info@stikesbudiluhurcimahi.ac.id

MultiPurpose

STIKES BUDI LUHUR MELULUSKAN PROGRAM TRANSFER KREDIT HINGGA AKHIR SIDANG

Menjelang penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), prestise kuliah di luar negeri kian tinggi. Selain beasiswa, calon pelajar internasional juga akan dimudahkan melalui sistem transfer kredit yang dicanangkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Sejalan dengan program yang dicanangkan Kemenristek Dikti, STIKes Budi Luhur Cimahi sudah mulai mempersiapkan sejak tahun 2013. Melalui proses pengembangan kerjasama international dengan beberapa kampus di Manila seperti kampus Centro Escolar University  (CEU) dan Philipines Women’s University (PWU) dengan dukungan pemerintah melalui Atase Pendidikan KBRI Manila pada saat itu Dr. Ir. Parisyanti Nurwandani.

Menanggapi tantangan sekaligus peluang tersebut, STIKes Budi Luhur Cimahi sangat bersyukur telah meluluskan program transfer kredit sebanyak 5 orang mahasiswa S1 Keperawatan. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa Tingkat III semester V-IV dimana pelaksanaan angkatan pertama tahun akademik 2014/2015 melalui proses pembelajaran selama 1 (satu) tahun di Centro Escolar University di Manila, Philippine.

Untuk dapat mengikuti program ini mahasiswa di wajibkan memenuhi persyaratan antara lain harus memenuhi seleksi, TOEFL 500. Bila sudah memenuhi persyaratan mahasiswa nantinya akan mengikuti pembelajaran mulai dari teori, lab, dan praktek klinik di Rumah sakit di Manila.

Setelah selesai masa transfer kredit, kelima mahasiswa ini yaitu Adita Irmawati, Syifa, Muhtarul Anam, Saeful Malik dan Irfan Zakaria juga diwajibkan mengikuti sidang proposal di kampus CEU. Mereka menyusun proposal dalam Bahasa Inggris sesuai pola di Manila, Filipina dan penelitian dilakukan di Indonesia dengan tetap mengikuti pola internasional.

Setelah selesai sidang proposal mereka kembali ke Indonesia dan melanjutkan penelitian hingga akhir. Ada yang menarik para panelis sidang skripsi yang terdiri dari 10 orang yang berasal dari Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Ahli Farmakologi dengan penelitian yang mereka lakukan karena kelimanya meneliti manfaat buah manggis untuk pasien-pasien Diabetes Militus tipe 2 akhir bulan Agustus 2016 lalu. Para panelis juga berharap ini akan ada penelitian lanjutan.
Lebih lanjut Ketua Stikes Budi Luhur Cimahi Dr. Ijun Ridjwan S, SKM., M.Kes berharap program ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas individu para mahasiswa yang telah mendapat kesempatan belajar di luar negeri tetapi juga dapat berbagi pengalaman mereka ke mahasiswa lainnya. "Dengan begitu, mahasiswa Indonesia bisa bersiap meningkatkan kompetensi mereka," tambahnya. (*Uni, Imut)