Call us: (022) 6674696 | Fax: (022) 6670015 | Email: info@stikesbudiluhurcimahi.ac.id

MultiPurpose

RUSUNAWA STIKES BUDI LUHUR MEMBENTUK LULUSAN YANG BERKARAKTER DAN BERKOMPETENSI.

Jika mendengar kata asrama biasanya orang-orang mulai berfikir tentang aturan, tata tertib, dan berbagai kewajiban yang harus dijalankan dan ditaati sebagai warga atau anggota asrama, sehingga banyak orang yang merasa enggan terlebih dahulu untuk tinggal didalamnya meskipun sebenarnya mereka belum mengetahui secara langsung seperti apa asrama itu dan lebih memilih rumah sewa (kos) ataupun kontrakan yang notabene bebas dari aturan sebagai solusi tempat tinggal sementara bagi para mahasiswa yang melanjutkan studi diluar daerah. Perkembangan diri seseorang sangat dipengaruhi oleh pergaulan dan lingkungan tempat dimana dia tinggal, baik itu situasi maupun kondisi serta tipe-tipe orang yang berada disekitarnya. Apalagi bagi para mahasiswa yang berada pada umur-umur produktif yang masih “labil” sehingga sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan dimana dia berada. Lingkungan mempunyai andil yang cukup besar terhadap perkembangan pola pikir seseorang, lingkungan yang kondusif tentunya akan membawa dampak baik pada orang itu sendiri. Keberadaan Asrama Mahasiswa diluar daerah menjadi sesuatu yang sangat penting, dimana asrama bisa menjadi benteng mahasiwa dari kegiatan-kegiatan yang dapat merusak pola pikir dan pergaulan mahasiswa dari kondisi lingkungan yang buruk. Hal itulah yang ditawarkan Rusunawa STIKes Budi Luhur kepada mahasiswa.

Rusunawa yang saat ini sedang dibangun oleh STIKes BudiLuhur adalah Rumah Susun bagi Mahasiswa yang berfungsi sebagai asrama dan merupakan hibah dari pemerintah RI melalui Kementrian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat RI yang diberikan kepada Yayasan Pambudhi Luhur 1976. Seluruh biaya pembangunan berikut isinya didapatkan dalam proses panjang selama 2 tahun dengan melengkapi syarat-syarat yang ditetapkan. Dalam design arsitektur rusunawa ini mampu menampung mahasiswa sebanyak 200 orang, berlantai 3 dengan jumlah kamar sebanyak 82 kamar, dilengkapi dengan ruang mushola, perpustakaan, ruang administrasi, ruang makan, dapur, dsb.

Peletakan batu pertama telah dilaksanakan di bulan maret 2016 dengan dihadiri oleh Wakil Komisi V DPR RI Ir.Yudi, saat ini pembangunan baru mencapai 70% akan selesai pada bulan November 2016. Diharapkan rusunawa ini akan dapat digunakan pada awal bulan Desember tahun ini.

Berdirinya rusunawa ini sangatlah penting bagi mahasiswa terutama mahasiswa kesehatan dalam upaya membentuk karakter dan kompetensi lulusan yang diharapkan mampu bersaing di dunia kerja baik nasional maupun internasional.

Untuk itu diperlukan program - program penguatan karakter bagi mahasiswa seperti keagamaan, pengembangan diri dan sebagainya.

Tanpa nilai plus asramaakan sama saja dengan sebuah rumah sewa biasa yang memang keberadaannya diperuntukkan sebagai rumah huni sementara bagi orang-orang yang membutuhkan. Namun beda halnya dengan asrama atau rusunawa ini, meskipunnantinya harus tinggal dengan berbagai macam aturan, asrama banyak menawarkan nilai lebih bagi orang-orang yang tinggal didalamnya. Nilai plus yang didapat tidak lepas dari berbagai macam rangkaian kegiatan, lingkungan yang sangat kondusif dan aktifitas-aktifitas positif yang nantinya akan dikembangkan oleh rusunawa STIKes Budi Luhur.

Kegiatan yang ditawarkan oleh asrama ini nantinya akan sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri diluar dari kegiatan organisasi kampus, mulai dari mengurus organisasi yang ada pada asrama itu sendiri, adanya tata tertib dan aturan asrama yang membuat mahasiswa belajar menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab sekaligus menghindarkan mahasiswa dari kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif, seperti salah pergaulan yang tentunya akan mempengaruhi cara hidup dan pola pikir mahasiswa itu sendiri ,  serta mengajarkan mahasiswa untuk hidup berdampingan secara harmonis meskipun memiliki latar belakang, sifat dan karakter yang berbeda-beda yang nantinya tentu akan kita temui saat berada dilingkungan masyarakat maupun lingkungan kerja.

Asrama juga bisa  digunakan sebagai sarana untuk melestarikan dan mengenalkan budaya daerah kita kepada lingkungan sekitar melaui berbagai kegiatan yang berbasis atau mengangkat tema kebudayaan sebagai wujud cinta seorang putra daerah pada kebudayaannya meskipun sedang berada diluar daerah. Banyaknya kegiatan dan aktifitas-aktifitas positif yang akan ditawarkan oleh rusunawaSTIKes Budi Luhur ini tentunya akan menghadirkan berbagai macam pengalaman baru yang tidak akan kita temui saat kita tinggal dirumah sewa (kos). Nila-nilai plus itu sendiri nantinya akan menjadi bekal dimasa depan saat kita kembali ke daerah, ditambah tuntutan lapangan pekerjaan yang semakin tinggi yang bukan hanya mengutamakan nilai yang bagus dengan ditunjukkan oleh IPK yang tinggi, namun juga mengutamakan orang-orang yang memiliki skill management yang terlatih serta mampu beradaptasi dilingkungan kerja yang tentunya telah kita dapatkan saat kita tinggal di asrama.(*Imut)