Call us: (022) 6674696 | Fax: (022) 6670015 | Email: info@stikesbudiluhurcimahi.ac.id

MultiPurpose

STIKES BUDI LUHUR BERSINERGI DENGAN BNP2TKI DALAM MENYERAP LULUSAN

Permasalahan tenaga kerja di Indonesia akhir-akhir ini semakin kompleks. Hal ini dapat diamati dari jumlah pengangguran yang terus meningkat dan terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia saat ini. Dari tahun ke tahun populasi pengangguran terdidik di Indonesia bukannya malah surut tetapi bertambah mengingat pertumbuhan anak usia sekolah dan para pencari kerja dari tahun ke tahun makin meningkat. Sementara itu lapangan pekerjaan di negara ini tidak bertumbuhkembang dengan cepat dan sangat sulit bertambah jumlahnya secara signifikan.

Sulitnya mencari pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi memang bukan fenomena baru di Indonesia. Berbagai upaya pun telah dilakukan pemerintah untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat. Namun pada kenyataannya, hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jumlah pengangguran negeri ini tidak lantas berkurang drastis.

Menyikapi permasalahan lulusan agar terserap langsung setelah lulus, STIKes Budi Luhur melakukan kerjasama-kerjasama baik dalam dan luar negeri. Salah satu yang dilakukan adalah dengan bersinergi bersama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dalam hal penyerapan tenaga kesehatan.

STIKes Budi Luhur sejak 2013 telah melakukan komunikasi secara berkesinambungan dalam rangka mengembangkan program penyaluran lulusan ke luar negeri. Pada tahun 2014 pada acara wisuda STIKes Budi Luhur dilakukan penandatanganan MoU antara Ketua STIKes Budi Luhur Cimahi yaitu Bapak Dr.Ijun Rijwan Susanto, SKM.,M.Kes dengan Kepala BNP2TKI Ir. Mochamad Jumhur Hidayat di Hotel Harris Bandung.

Salah satu peranan BNP2TKI dalam penyerapan lulusan adalah melalui program G to G pengiriman perawat dan care giver ke jepang, STIKes Budi Luhur turut serta secara bertahap untuk program tersebut. Selain itu juga Budi Luhur ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh BNP2TKI seperti mengikuti kegiatan Trend Expo di Jakarta di setiap tahun semenjak tahun 2014, Ikut serta dalam diskusi pembahasan standar yang dibutuhkan luar negeri seperti care giver, NCLEX, serta selalu aktif dalam kegiatan pertemuan user-user dari luar negeri yang membutuhkan peluang tenaga kerja Indonesia.

Program kedepan yang ingin dilakukan adalah bersama dengan teman-teman perguruan tinggi kesehatan menjalin kerjasama dengan BNP2TKI untuk memenuhi peluang pangsa pasar diantaranya melakukan Upgrading kompetensi lulusan disesuaikan dengan kebutuhan user dengan dukungan pemerintah. (*Imut)