Call us: (022) 6674696 | Fax: (022) 6670015 | Email: info@stikesbudiluhurcimahi.ac.id

MultiPurpose

BEBERAPA DOSEN STIKES BUDI LUHUR CIMAHI RAIH SERTIFIKASI DAN HIBAH PENELITIAN RISTEKDIKTI.

Kalo kita baca UU dan PP dosen sebenarnya Serdos merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dosen, karena setelah tahun 2015 semua dosen wajib memiliki sertifikat pendidik. Berbeda wajib serdos dengan hak atas tunjangan dosen, serdos itu wajib sedangkan tunjangan itu hak, kewajiban harus dilaksanakan sedangkan hak boleh dilepaskan/ditinggal oleh yang bersangkutan , untuk itu tak bisa jadi alasan karena tak butuh tunjangan dosen maka tak perlu ikut serdos.

STIKes Budi Luhur telah berupaya untuk memotivasi para dosen agar segera memenuhi persyaratan sertifikasi sebagai dosen pendidik.

Sedangkan untuk memenuhi kewajiban sebagai dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dosen-dosen juga di motivasi untuk aktif melakukan penelitan baik perorangan maupun grup. Di tahun ini dua dosen STIKes Budi Luhur berhasil meraih Hibah Penelitian Dosen Pemula 2016 Ristekdikti atas nama Ando Fikri Hakim, S.Kep., Ners., MAN dan Mona Megasari, S.Kep., Ners., M.Kep keduanya dari Prodi S1 Keperawatan.

Ditemui di tempat kerjanya, Ando menjelaskan bahwa untuk mendapatkan hibah ini ada beberapa proses yang harus dilakukan diantaranya menyusun proposal, mengajukan proposal ke web Simlitabmas, proses upload difasilitasi oleh LPPM, pengumuman hasil, mengurus proses perizinan penelitian, melakuakan penelitian/pengumpulan data, Analisa data, proses pelaporan Log Book, proses pelaporan kemajuan, proses review dilakukan oleh team dari Kopertis, proses revisi, proses penyelesaian dan penyerahan laporan akhir. Adapun penelitian yang diambil oleh Ando berjudul “Pengaruh Senam Lansia Terhadap tekanan Darah di KLinik Sehat Budi Luhur Cimahi”. Sedangkan rekannya Mona Megasari mengambil judul “Penerepan Paket Informasi Kesehatan Terhadap Kemampuan Ibu Melakukan Kompres Tepid Sponge Pada Anak Pra Sekolah yang mengalami Demam di Puskesmas Cimahi Selatan”.

Sementara itu capaian penelitian bagi Instansi Klinik Budi Luhur dapat menjadi masukan bagi Klinik dan bagi para lansia di Klinik Budi Luhur Cimahi tentang terapi non farmakologi seperti senam lansia yang bermanfaat bagi kesehatan. Sedangkan bagi Institusi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi baru bagi institusi pendidikan, dan juga sebagai data penunjang untuk penelitian selanjutnya.

Lebih lanjut kedua pemenang ini memberi saran agar bahwa peluang mendapatkan Hibah sangat terbuka lebar, potensi dan tugas pokok sebagai dosen melalui Tridarma Perguruan Tinggi adalah salah satu proses pengembangan kemampuan dosen dalam melakukan penelitian. Melalui kesempatan yang diberikan oleh Kopertis dan Dikti, adalah salah satu bentuk proses pengembangan diri. Gunakan kesempatan dan peluang yang diberikan Institusi, Kopertis dan Dikti.

Recent & Popular Post

Visitor